Minggu, 20 Januari 2019

Cara Membedakan Suspensi Asli dan Palsu yang Harus Diketahui

Sekarang produk aftermarket seperti suspensi atau shockbreaker menjadi pilihan bagi penggila otomotif. Hal tersebut digunakan untuk menunjang kenyamanan dalam kendaraannya. Namun karena saking terkenal dan banyaknya peminat terhadap produk ini maka muncullah produk tiruan yang menyerupai aslinya. Sehingga penting bagi anda untuk mengetahui cara membedakan suspensi asli dan palsu sehingga tidak akan merasa kecewa setelah membelinya.

Berikut merupakan beberaoa cara membedakan suspensi asli dan palsu yang bisa anda terapkan.
1. Perhatikan titik las
Umumnya, pada shockbreaker baru tidak memiliki titik bekas pengelasan. Meski begitu, ada juga beberapa merek yang memiliki titik bekas las. Untuk melihat asli tidaknya, sebaiknya kenali dulu beberapa shocbreaker yang memiliki titik bekas pengelasan, anda bisa tanyakan pada orang yang ahli. Setelah mengetahui merek-merek tersebut maka perhatikan apakah titik pengelasan tersebut tampak halus atau kasar. Shocbreaker yang asli umumnya memiliki titik las yang halus dan bukan bekas digerinda.

2. Cermati bekas gerinda dan suntikan
cara membedakan suspensi asli dan palsu bisa dikenali dari ada tidaknya bekas penghalusan pada bagian-bagian tertentu yang dilas menggunakan gerinda. Selain itu, oknum mengelabui pembeli dengan menyuntikkan oli pada bagian bawah atau dibalik ring penahan shield. Memang tidak mudah untuk mengetahuinya, namun jika ring dibuka maka akan terlihat komponen tersebut telah disuntik.

4. Cermati batang tengah
Untuk mengetahui cara membedakan suspensi asli dan palsu dapat diperhatikan pada batang tengah, bila terdapat goresan menandakan batang tersebut pernah dipakai. Karena saat digunakan batang bekerja naik turun, sehingga akan berdampak tergoresnya permukaan batang. Jangan lupa untuk mengecek lubang baut di bagian bawah shockbreaker. Jika lubang baut terluka menandakan jika shocbreaker pernah, biasanya untuk menutup luka di lubang baut, produsen nakal akan menggunakan dempul.  Karenanya tidak ada salahnya mengorek-ngorek bagian itu. Jika komponen itu asli maka tidak akan terluka atau lecet.

Cara Membedakan Suspensi Asli dan Palsu tentunya penting untuk diketahui sehingga anda tidak akan merasa tertipu saat membelinya. Memang tidak semua pedagang menjual barang yang palsu. Namun bagaimanapun tetap harus diperhatikan setiap bagian pada suspensi hingga anda yakin jika barang yang anda beli memang yang asli. Dengan menggunakan barang asli maka anda akan merasa lebih puas dan aman saat menggunakannya.
 
Top