Senin, 28 Januari 2019

Penyebab PC Sering Restart yang Harus Segera Diatasi

Kendala saat menggunakan PC atau laptop memang tak bisa dihindari. Terutama mereka yang tak mengetahui bagaimana cara menggunakan perangkat tersebut dengan benar. Jika anda menggunakan laptop maka sebisa mungkin tidak meletakkannya beralaskan sofa atau barang serupa. Sementara untuk penggunaan komputer, juga harus diperhatikan dengan baik. Misalnya seperti penyebab PC sering restart yang sering dikeluhkan.

Setiap masalah pada perangkat tentu bukan tanpa penyebab. Apalagi jika penggunaannya sudah dalam durasi waktu yang lama. Butuh sebuah perubahan saat menggunakan dan mencari solusi agar tidak merusak komponen lainnya. Berikut ini penyebab dari PC yang sering restart dan bisa anda hindari.

5 Penyebab PC Sering Restart
1. Prosesor Terlalu Panas
Salah satu penyebab PC sering restart dan perlu diwaspadai adalah prosesor yang terlalu panas. Prosesor ini akan bekerja lebih keras jika dipaksakan ketika PC digunakan terlalu lama. Terutama ketika anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Prosesor merupakan otak komputer yang harus diperhatikan bagaimana cara kerjanya agar tak terjadi overheating.

2. Power Supply Turun Daya
Hal yang satu ini sering terjadi biasanya ketika menyalakan komputer, ketika bios loading dan windows bisa berjalan normal. Tetapi, PC akan mati saat masuk ke windows kita. Hal inin karena daya listrik yang tidak terpenuhi pada power supply. Untuk mengatasinya, sebaiknya memilih power supply dengan ukuran 500 watt saja.

3. VGA Rusak
Kalau anda menggunakan VGA Card, bisa jadi komponen ini penyebab PC sering restart. Beberapa VGA Card memang ada kipasnya. Anda bisa melihat apakah kipas tersebut ada pergerakan atau tidak, melambat karena kotor atau tidak. Jika memang kondisinya kotor maka bersihkan dengan cara yang tepat untuk mengatasinya.

4. Kerusakan di Harddisk
Ada juga kemungkinan terjadi badsector. Hal ini juga merupakan penyebab PC sering restart yang mana membuat komputer tak bisa maksimal dalam pembacaan data. Anda bisa melakukan checkdisk atau defragment pada hard disk yang anda miliki.

5. RAM Rusak
Perhatikan pula bagaimana kondisi RAM anda apakah rusak atau tidak. Jika permasalahannya adalah RAM maka cara lain adalah mengganti atau membersihkan RAM di bagian kuningannya dengan penghapus pensil. Selamat mencoba!

Dari sekian banyak penyebab PC sering restart, apa yang disebutkan bisa menjadi penyebab utama. Untuk mengetahui lebih lengkap, anda bisa membongkar dengan cara benar. Agar lebih aman, bawa ke tukang servis PC atau laptop yang profesional.

 
Top